RATUSAN JUTA RUPIAH  DARI APBD , DUKUNG TMMD TAHAP 1 TAHUN 2019 

Nasional1018 Dilihat
Bupati Haryanto ungkapkan , untuk mendukung program TMMD , telah di anggarkan dana ratusan juta rupiah dari APBD Kabupaten .

Pati , www.suarahukum-news.com  –  Bupati Haryanto , S.H , M.H , M.Si ungkapkan , untuk mendukung program TMMD ( Tentara Manunggal Membangun Desa ) Tahap I tahun 2019 ,  Pihaknya telah mengalokasikan dana ratusan juta rupiah untuk mendukung program TMMD tersebut yang di ambilkan dari dana APBD Kabupaten Pati .

Hal itu diungkapkan saat Bupati Pati Haryanto , pada hari Selasa ( 26 / 2 ) ), menghadiri upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) Tahap I Tahun 2019 untuk Desa Pakem Kecamatan Sukolilo dan Desa Mojoluhur, Kecamatan Jaken  .

Acara pembukaan yang berlangsung di Desa Pakem, Kecamatan Sukolilo tersebut,  juga dihadiri oleh jajaran  Forkompinda ,  Tim Penggerak PKK,  Persit , Bhayangkari dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) terkait.

Bupati Haryanto juga mengatakan bahwa pembukaan kegiatan TMMD kali ini adalah  waktu serta tempat yang tepat , lantaran dilaksanakan di wilayah pinggiran , salah  satunya di Desa Pakem yang merupakan daerah  perbatasan antara Sukolilo , Grobogan dan Kudus .

Bupati Pati Haryanto berharap kegiatan ini bisa membantu pembangunan infrastruktur yang ada di wilayah pinggiran.

Kegiatan ini dirasa baik lantaran dengan ini tidak ada perbedaan antara pembangunan di desa maupun kota. Ini merupakan wujud perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) dalam memperhatikan masyarakat.

Pembangunan secara menyeluruh lanjutnya juga ditopang dengan adanya Dana Desa ( DD )

Bupati Haryanto juga mengatakan untuk Desa Pakem, Dana Desanya mencapai lebih dari satu milyar.

” Hal ini terbukti bahwa jalan kabupaten dengan jalan desa bagus jalan desa. Meski demikian ini merupakan wujud  pemberdayaan maupun peningkatan ekonomi ” tuturnya.

Keakraban Bupati Haryanto dengan warga setempat usai upacara pembukaan TMMD sengkuyung tahap I di desa Pakem , Kecamatan Sukolilo

Bupati juga berharap agar kegiatan TMMD ini dilaksanakan sebaik mungkin sehingga perekonomian terlebih di Desa Pakem bisa berkembang dan dinikmati masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Haryanto juga menyampaikan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada TMMD kali ini yang mengangkat tema “Melalui TMMD Kita Tingkatkan Gotong-royong Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional”, sebab menurut data BPS per bulan September 2018 jumlah penduduk miskin Jawa Tengah ada 3,87 juta orang (11,19%). Mayoritas berada di pedesaan yakni sebanyak 2,15 juta orang.

“Mari kita bangun sarana prasarana, fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Tidak hanya itu program ini juga harus diarahkan untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, meningkatkan kesehatan lingkungan serta memantapkan kerukunan antar umat beragama dalam rangka mencegah SARA, radikalisme, terorisme dan intoleransi”, ujarnya.

Bupati berharap TMMD kali ini bisa disisipkan program yang mengunggah wawasan kebangsaan dan nilai-nilai nasionalisme. “Mengingat maraknya hoax, bully dan ujaran kebencian yang muncul di tengah-tengah kehidupan kita dan berpotensi memecah belah bangsa”, lanjutnya.

Pemerintah, menurut Haryanto, ingin seluruh desa di Jateng semakin maju dan sejahtera dengan tetap mempertahankan keunikan dan kearifan lokal. Desa maju fasilitas pelayanan dasar masyarakat komplet, SDM nya semakin berkualitas unggul, mandiri, punya spiritualitas tinggi, ngak ada narkoba, kreatif dan inovatif serta mempunyai karakter kebangsaan yang kuat.

Sementara itu, koordinator lapangan Dansatgas TMMD Sengkuyung tahap I Kapten ARH Sumariyono menyampaikan pelaksanaan TMMD sengkuyung tahap I tahun 2019 dimulai tanggal 26 Februari – 27 Maret 2019.

Menurutnya, sasaran kegiatan fisik untuk Desa Pakem, Kecamatan Sukolilo, yang pertama ialah betonisasi jalan desa ukuran 750 meter dengan lebar 3 meter dan ketinggian 0.15 meter, dengan sasaran tambahan tiga unit rumah tidak layak huni.

Sedangkan untuk Desa Mojoluhur, Kecamatan Jaken sasaran pokoknya adalah makadam jalan desa dengan panjang 450 meter, dengan lebar 3 meter dan tinggi 0.25 meter dan pembuatan talud irigasi sepanjang 302 meter dengan lebar 1 meter dan tinggi 0.40 meter.

Sedangkan untuk sasaran tambahan, gorong-gorong ukuran 3x 2.5 meter serta rumah tidak layak huni tiga unit.

Kegiatan non fisik juga akan dilaksanakan di dua desa sasaran TMMD sebanyak 20 kegiatan yang bekerjasama dengan instansi jajaran pemerintah Kabupaten Pati yang meliputi pelayanan, penyuluhan dan sosialisasi.

Dukungan dana untuk dua desa sasaran TMMD bersumber dari APBD Provinsi Jateng 150 juta, APBD Kabupaten Pati Rp. 303.432.000 dan Swadaya masyarakat 75 juta dengan total Rp. 528.432.000 .

 

( Red / Tin )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *