JAGA WILAYAH KONSERVASI , GUNUNG BLINDIS BERADA DI TENGAH AREA PRODUKSI PABRIK

Gunung Blindis adalah salah tempat kawasan konservasi yang ada di Kabupaten Cirebon dan berada di kawasan produksi pabrik PT.Indocement , namun kelestarian dan ekosistem di dalamnya tetap terjaga sejak puluhan tahun hingga sekarang .

Cirebon , www.suarahukum-news.com – Kawasan konservasi adalah kawasan yang tidak boleh di sentuh dalam aktivitas pertambangan maupun aktivitas pembangunan lainnya , hal itu bertujuan untuk menjaga ekosistem alam agar tetap terjaga dan lestari serta menjadi tempat berkembangnya hewan-hewan yang di lindungi oleh Negara . ( 10 / 2 )

Salah satu kawasan konservasi yang ada di Cirebon adalah Gunung Blindis lebih kurang sekitar seluas 50 hektar . kawasan ini di percaya oleh masyarakat setempat sebagai tempat pertapa leluhur pada zaman dahulu , serta di tempat ini masih banyak di jumpai binatang langka yang di lindungi oleh undang-undang antara lain Harimau , Ular Piton , Trenggiling , Kera , Burung Khas Wilayah setempat serta beberapa situs dan goa yang di yakini masih memiliki kekuatan tak kasat mata .

Kawasan ini sudah ditetapkan menjadi daerah konservasi sejak tahun 2013 , berdasarkan surat rekomendasi dari Bupati Cirebon. Di Gunung Blindis dilarang melakukan kegiatan apapun selain yang berhubungan dengan konservasi kenakeragaman hayati.

Yang menjadi perhatian adalah bahwa gunung blindis ini berada pusat kawasan tempat produksi pengolahan bahan baku dan pertambangan yang dilakukan oleh PT.Indocement , namun ekosistem alam dan wilayah konservasi tetap utuh terjaga , tak jarang para hewan-hewan seperti kera , burung , biawak dan binatang lainnya memasuki area pabrik namun hal sudah menjadi pemandangan yang lumrah dan biasa disana , bahkan demi menjaga kelestarian hutan atau wilayah konservasi tersebut CSR juga memberikan bantuan beberapa jenis burung dan binatang langka lainnya yang dilepaskan diwilayah tersebut untuk dapat berkembang di kawasan tersebut .

Saat di temui oleh awak media di sela-sela aktifitasnya , Otto Ahdijat selaku Pimpinan CSR ( Corporate Sociality Responbility ) dirinya mengatakan ;

” Gunung blindis adalah salah satu tempat konservasi lingkungan yang ada di wilayah sini , di dalamnya terdapat satwa yang di lindungi dan kami menjaga hal itu , bahkan dulu kami juga melepaskan beberapa jenis burung langka dan hewan lainnya agar dapat berkembang biak di sana ” tuturnya

Lebih lanjut dirinya mengatakan , ” Di kawasan produksi / pabrik ini kami juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menggarap lahan di kawasan ini , untuk bercocok tanam padi , maupun tanaman lainnya tanpa harus menyewa ” imbuhnya

( Red / Tg )

Author: suarahukum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.