PANCASILA ADALAH SEBAGAI DASAR NEGARA , IDEOLOGI DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA INDONESIA

Upacara peringatan hari lahir Pancasila di halaman kantor Sekertaris Daerah Kabupaten Pati , ” Pancasila adalah sebagai dasar negara , ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia “

Pati , www.suarahukum-news.com – Bertempat di halaman Sekertaris Daerah Kabupaten Pati pada hari Sabtu 1 Juni 2019 telah dilaksanakan Upacara dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila , Bupati Haryanto dalam kesempatan tersebut bertindak sebagai inspektur upacara ,( 3 / 6 )

Dalam pelaksanaan upacara peringatan hari lahir Pancasila ini di hadiri oleh Bupati Haryanto , Wakil Bupati Saiful Arifin , Jajaran Forkompinda Kabupaten Pati , Sekertaris Daerah Suharyono , Komandan Kodim 0718 Pati Letkol Arm Arief Darmawan , Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto , Seluruh ASN ( Aparatur Sipil Negara ) di Kabupaten Pati serta Ormas Pemuda Pancasila Cabang Pati . )

Kendati tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional serta memasuki waktu cuti bersama jelang hari Raya Idul Fitri, namun tak menyurutkan semangat para peserta upacara. Mereka memadati halaman Setda Pati, hingga meluber ke luar pagar kantor. Bahkan terlihat puluhan ASN di luar Pemkab Pati yang turut bergabung, mengingat upacara ini wajib diikuti oleh seluruh ASN meskipun mereka di kampung halaman dan tidak bisa mengikuti upacara di instansi asal.

Upacara peringatan hari lahir pancasila , mari kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Selaku Inspektur Upacara, Bupati membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ( BPIP ) yang menyampaikan bahwa Pancasila adalah sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan satu anugrah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia ;

” Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yg ada dapat dirajut menjadi indentitas nasional dalam wadah dan slogan Bhineka tunggal ika , ” tuturnya

Peringatan hari lahir pancasila 1 Juni merupakan satu keniscayaan untuk mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai nilai fundamental bangsa indonesia sebagai dasr negara sehingga nusantara yang beragam dapat bersatu sebagai satu bangsa.

” Dengan merayakan hari pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi ” Politik Harapan ” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ,” tambahnya.

( Red / Pr )

COMMENTS