Bupati Haryanto Pantau Penyaluran BLT DD Tahap Pertama Di Kecamatan Gabus

Pati, www.suarahukum-news.com – Didampingi Sekda Pati dan sejumlah pejabat terkait, Bupati Pati Haryanto hari ini ,Jumat (05/06) memonitor penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap pertama di tiga desa di Kecamatan Gabus. Ketiga desa tersebut yakni Desa Gabus, Desa Plumbungan, dan Desa Gempolsari. ( 05/06 )

Adapun penyaluran bantuannya dilakukan di masing-masing balai desa.

Para penerima bantuan diundang langsung untuk menerima dana tunai senilai Rp 600 ribu.

Nantinya, mereka juga akan menerima nominal serupa pada pencairan tahap dua dan tiga.

Di seluruh Kabupaten Pati, terdapat total sekitar 46 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD.

Dalam kesempatan itu, Haryanto mengatakan, hari ini pencairan BLT DD tahap pertama dilakukan serentak di 164 desa.

” Sisanya mudah-mudahan bisa terselesaikan besok pagi. Untuk tahap berikutnya akan kita persiapkan, mudah-mudahan tidak terlalu lama agar bisa segera dimanfaatkan masyarakat “, jelas Bupati

Ia pun menyebut, sedianya, BLT DD disalurkan untuk bulan April, Mei, dan Juni. Namun, pencairan tahap pertama baru bisa dilakukan awal Juni ini karena harus melalui verifikasi data penerima terlebih dahulu.

” Kalau toh ada keterlambatan, itu bukan karena kesengajaan. Melainkan karena jenis bantuan cukup banyak. Selain BLT DD ini, ada BST, PKH, BLT Pemkab, dan BLT Provinsi. Jadi tujuannya (verifikasi data-red) agar tidak tumpang tindih. Agar tepat sasaran. Setiap orang mendapat satu jenis bantuan, tidak dobel-dobel  “, papar Haryanto.

Selain itu, Ia juga menambahkan, mungkin di lapangan masih ada satu-dua orang yang mendapat jenis bantuan lebih dari satu. Namun, pihaknya akan segera menyempurnakan data agar tidak ada lagi tumpang-tindih.

” Terkait bantuan ini, tidak usah saling menyalahkan. Tidak usah saling membuat gaduh di masyarakat. Tujuan adanya bantuan ini adalah berbuat sesuatu yang terbaik untuk masyarakat dalam rangka penanganan pandemi virus corona “, pungkasnya

 

( Red / Khoeroni )

Author: suarahukum