Bupati; Sinergi Media, Mitra Pembangunan di Kabupaten Pati

Daerah512 Dilihat

Pati,  www.suarahukum-news.com | Pers merupakan salah satu pilar demokrasi, yang mendapatkan kepercayaan tinggi dari masyarakat Indonesia. Melalui pemberitaannya yang objektif,  faktual dan profesional. Selain itu, Pers juga menjadi bagian dari penyambung aspirasi masyarakat demi kemajuan pembangunan di tingkat Pemerintah Daerah. (19/08).

“Salah satu penopang utama keberhasilan pembangunan daerah adalah dengan adanya informasi, yang menyajikan program-program pembangunan, serta keberhasilan dan kemajuan suatu wilayah melalui pemberitaan di media,” ucap Bupati Haryanto, di depan seluruh tamu undangan & peserta Fokus Group Discusiion (FGD) Wartawan Pati di Pendopo Pemerintah Daerah,  Jumat (19/08).

Lebih lanjut Bupati juga mengatakan, Peranan dan pelibatan pers oleh Pemerintah Daerah itu sebagai bahan referensi dan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Mulai dari proses perencanaan pembangunan, serta evaluasi dari suatu proyek. Hal ini menunjukkan, bahwa media turut berperan dalam suksesnya pembangunan daerah.

“Dengan kemajuan tehnologi seperti ini, media memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan. Media masa, juga sangat berperan dalam menginformasikan dan mengabarkan program-program pemerintah, termasuk didalamnya tentang perencanaan pembangunan, serta program-program yang pro rakyat,” imbuh Bupati.

Sejalan dengan itu, lanjut Bupati, sudah seyogyanya pemerintah daerah menjalin kerjasama dengan wartawan atau media untuk menjadikannya sebagai mitra pembangunan.

“Dengan potensi kemajuan perkembangan wilayah, media juga turut mendukung terciptanya suasana yang kondusif. Sehingga, pembangunan di tingkat daerah akan berjalan dengan baik, dan akan dapat meningkatkan kesejahteraan potensi ekonomi di masyarakat,” ungkapnya.

Melalui pers, maka seluruh program-program pemerintah,  baik itu capaian pembangunan, maupun program pembangunan yang masih dalam proses perencanaan, serta kendala dalam mewujudkan program, dapat tersampaikan kepada masyarakat dengan baik. Sehingga, potensi miskomunikasi akan cukup minim.

Dalam sambutannya, Bupati juga menyampaikan beberapa pesan dan kesannya, tentang sisa waktu masa jabatannya sebagai orang nomor satu di Kabupaten Pati yang tinggal menghitung beberapa hari kedepan.

“Secara visi dan visi, kami sudah melaksanakan amanah ini (sebagai Bupati) dengan baik. Tak lupa,  kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman wartawan yang sudah menjadi mitra kami selama dua periode ini. Semoga,  tali silaturahmi ini dapat kita jalin selamanya, meski dengan suasana yang berbeda,” ucap Bupati.

Diakhir sambutannya,  Bupati Haryanto juga berharap agar siapapun yang menjadi nahkoda di Pemerintahan Kabupaten Pati,  senantiasa mengedepankan kepentingan masyarakat umum daripada kepentingan pribadi atau golongan.

 

 

 

(Red/Tg)