Pelaksanaan UKW Mandiri Gelombang IV Akhir Maret, Lanjut Gelombang V Sebelum Puasa 

Surabaya,www.suarahukum-news.com- Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Mandiri gelombang IV dan V bakal di gelar pada tanggal 27-28 Maret dan 10-11 April 2021 dengan lembaga penguji dari Solopos.(04/03).

Ketua tim inisiator UKW Mandiri, Agung Santoso kepada awak media menjelaskan UKW Mandiri yang akan berlangsung sepanjang tahun 2021 dengan mengambil waktu setiap akhir bulan tersebut
Sudah berjalan tiga gelombang.

Adapun pelaksanaan UKW Mandiri gelombang pertama yaitu pada tanggal 26-27 Desember 2020 dengan jumlah 23 wartawan, gelombang kedua tanggal 30-31 Januari 2021 sebanyak 29 wartawan, selanjutnya untuk gelombang ketiga yaitu pada tanggal 27-28 Februari 2021 sebanyak 26 wartawan. Total para peserta UKW Mandiri dengan lembaga penguji dari Solopos berjumlah 78 jurnalis.

Para peserta gelombang pertama sampai ketiga berasal dari Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah, Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan berbagai Kabupaten/Kota di Jawa Timur diantaranya Ngawi, Magetan, Ponorogo, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, Malang, Pamekasan, Sampang, Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Trenggalek, Tulungagung, Blitar.

“UKW Mandiri tidak terikat dari organisasi pers, organisasi perusahaan pers, komunitas wartawan di berbagai daerah di Indonesia, yang ingin meningkatkan mutu untuk karya jurnalistiknya, silakan mengikuti UKW Mandiri dengan biaya satu juta dua ratus lima puluh ribu rupiah, fasilitasnya mengikuti Pra UKW gratis yang di selenggarakan lembaga penguji Solopos. Selain itu juga selama mengikuti UKW dua hari mendapat makan dua kali dan snackempat 4 kali,” ujarnya.

Dikatakan oleh Agung, UKW Mandiri tersebut di ikuti para jurnalis dengan jenjang Muda, Madya dan Utama. Penyelanggaraan bersamaan tapi untuk muda, madya dan utama, materi ujinya berbeda sesuai jenjang yang akan di pilih.

Tentang kelulusan UKW Mandiri, Agung sapaan akrab pria yang juga di kenal Ketua DPW UKM IKM Nusantara ini, menandaskan semua di kembalikan kepada penguasaan materi setiap wartawan yang mengikuti ujian.

“Yang di ujikan itu pekerjaan kita sehari-hari sebagai seorang wartawan, jadi saya yakin setiap wartawan tidak mengalami kesulitan ketika mengikuti UKW,’’ujarnya meyakinkan.

Di jelaskan Agung, 12 materi pokok UKW yang di ujikan dari setiap gelombang-ke gelombang di antaranya Pengetahuan Umum (membuat esai profesionalisme jurnalistik, sejarah pers, hukum pers), Prinsip Jurnalistik, UNJ (Unsur, Nilai, Jenis Berita). Bahasa Jurnalistik, Komunikasi dengan Narasumber, Rapat Redaksi, Reportase, Menyusun Berita, Menyunting Berita, Penggunaan Teknologi Informasi, Rapat Evaluasi Redaksi, Pelanggaran Kode Etik Jurnalistik.

 

(Red/Sh)

Author: suarahukum