Hadiri Tahapan Klarifikasi Berkas, Camat Pati: Semoga Pilkades Sinoman Berjalan Kondusif

Hadiri Tahapan Klarifikasi Pati,www.suarahukum-news.com-Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa secara serentak tahun 2021 telah memasuki tahapan klarifikasi berkas, untuk selanjutnya dilakukan pengambilan nomor urut calon kepala desa. Seperti yang terlihat pada hari ini Senin (15/03) di Balai Desa Sinoman Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Telah dilakukan tahapan tersebut, berbagai berkas dari masing-masing calon secara rinci di cocokan guna mengetahui kelengkapan administrasi sebagai syarat untuk mengikuti keompetesi di ajang pesta demokrasi di tingkat desa.(16/03)

Pada kesempatan itu, Camat Pati Didik Rusdiantoro yang didampingi oleh Kapolsek Pati dan Danramil Pati juga tampak hadir di lokasi sebagai tim penyaringan dari tingkat Kecamatan Pati dan sekaligus sebagai pengawas dalam pelaksanaan pilkades serentak di desa itu. Agar dapat berjalan dengan baik dan kondusif.

“Dalam mewujudkan Pilkades yang aman dan kondusif, tentunya tak lepas dari partisipasi semua unsur elemen masyarakat. Mulai dari tingkat tokoh masyarakat, tim sukses dan antar pendukung serta masyarakat yang punya hak pilih, untuk komitmen dalam mematuhi aturan yang sudah di tentukan. Khususnya bagi panitia harus selalu menjaga netralitas nya,” pesan Camat Pati Didik Rusdiantoro saat memberikan sambutan sore itu.

Selain itu, Camat Pati juga selalu mendorong kedua calon untuk bisa menciptakan kondusifitas keadaan. Baik dalam sosialisasi, maupun ketika sudah masuk pada tahapan kampanye ke masyarakat,” imbuhnya.

Pihaknya juga berharap kepada semua calon, untuk bisa menjunjung tinggi profesionalisme dalam Pilkades Serentak saat ini. Terutama dalam tahapan kampanye harus bersikap santun dan baik serta tidak mengucapkan atau menjelek-jelekan antara sesama calon.

“Hal itu sebagai upaya mendukung atas suksesnya demokrasi dalam pelaksanaan Pilkades Serentak pada 10 April 2021. Untuk Kecamatan Pati rencananya akan diikuti sebanyak 17 desa. Semoga dapat berjalan dengan lancar, jujur, adil dan tidak ada hal-hal yang negatif,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Kapolsek Pati IPTU Aris Pristianto, juga berharap, bahwa Pilkades serentak di wilayah Kecamatan Pati bisa berjalan dengan lancar, aman dan damai. Untuk itu, diperlukan adanya kesadaran dari semua pihak. Baik para pendukung atau sabet dari masing-masing calon.

“Dalam mewujudkan situasi yang aman dan kondusif, diperlukan seluruh peran serta masyarakat, koordinasi yang baik, di harapkan mampu membuat suasana menjadi damai. Selain itu semua tahapan dan aturan yang sudah menjadi ketentuan agar tidak saling di langgar, supaya tidak memicu timbulnya gejolak dari antar pendukung,” pungkasnya.

 

(Red/Khoeroni)

Author: suarahukum