Panitia, Tetapkan 3 Calon Dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Plangitan Tahun 2021

Pati,www.suarahukum-news.com-Panitia pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Plangitan Kecamatan Pati pada hari ini, Selasa (16/03) telah memasuki tahapan penetapan calon dan pengundian nomor urut yang di hadiri tiga peserta atau bakal calon Kepala Desa Plangitan, yang akan berlaga di ajang pesta demokrasi tingkat desa, tanggal 10 April 2021 mendatang.(16/03).

Tahapan penetapan calon dan pengundian nomor urut itu, juga turut dihadiri oleh Jajaran Forkompincam Pati, diantaranya Camat Pati Didik Rusdiantoro, Kapolsek Pati, Danramil Pati, Serta seluruh tokoh dan elemen masyarakat serta para undangan lainnya.

Adapun dari ke-tiga calon Kepala Desa tersebut diantaranya, saudara Sudarsono dengan nomor 1 (satu), Merina Ikha Tawangsari nomor urut 2 (dua) dan Agung Hadi Yuli Setiawan dengan nomor urut 3 (tiga). Bagi ke-tiga calon yang sudah di tetapkan dan sudah di anggap memenuhi persyaratan itu, usai melewati tahapan klarifikasi dan verifikasi berkas calon Kepala Desa Plangitan yang di selenggarakan oleh Panitia. Sesuai dengan Perbup Nomor 88 Tahun 2020 Tentang Peraturan Pelaksanaan Pemerintah Daerah Kabupaten Pati Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Kepala Desa Sebagaimana Telah Diubah Dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pati Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Kepala Desa.

“Untuk menjaga situasi agar tetap damai, serta demi tercapainya pemilihan kepala desa yang aman dan kondusif, agar dari masing-masing antar pendukung calon Kades, tidak usah berlebihan atau memaksa orang lain yang mempunyai hak pilih, supaya mengikuti calon pilihannya. Gunakan cara yang baik dan sopan, serta santun dalam sosialisasi ke masyarakat hingga pada tahap pemilihan nanti,” ujar Camat Pati dalam sambutannya siang itu.

Setelah pengambilan nomer urut, masing-masing calon menandatangani berkas yang sudah di sediakan oleh Panitia Pikades dan di saksikan tim Penyaringan dari tingkat Kecamatan. Serta dari para pendukung ke-tiga Calaom Kepala Desa Plangitan.

“Sesuai tahapan, yaitu setelah panitia melakukan pengundian nomor urut, Panitia akan melaksanakan penghitungan jumlah surat suara. Adapun untuk tahapan kampanye, kami juga sudah memberikan tata tertib kepada semua calon,” ujar Ketua Panitia.

Untuk Jumlah daftar pemilih sementara ( DPS ) yang saat ini sudah di verifikasi panitia dengan pencocokan melalui RT masing-masing berjumlah 2.580, yang mempunyai hak pilih.

“Besar harapan kita selaku panitia Pilkades, agar tercipta suasana yang aman dan kondusif. Kemudian kami akan selalu berkordinasi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta pihak Kecamatan jika ada hal yang perlu di lakukan pembahasan,” tandasnya.

 

(Red/Khoeroni)

Author: suarahukum