Sosialisasikan Perbup No.88 Ta.2020, Camat Pati: Panitia Pikades Harus Netral dan Profesional

Pati,www.suarahukum-news.com-Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa yang rencananya akan di gelar secara serentak di Kabupaten Pati tahun 2021 ini. Camat Pati, Didik Rusdiartono, Selasa (02/02). Telah mengingatkan kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa agar melaksanakan tugas dan fungsinya secara profesional, Serta tetap menjaga netralitas. Hal itu disampaikan nya saat menghadiri acara Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa sesuai Peraturan Bupati No.88 Tahun 2020 tentang Kepala Desa di Kantor Balai Desa Sidokarto, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati.(02/02)

“Kami mohon kepada panitia pemilihan kepala desa ini, Supaya nanti dapat melaksanakan perannya secara profesional dan selalu menjaga netralitas,” Kata Camat Pati Didik Rusdiartono, Saat memberikan sambutannya.

Hal ini, Lanjutnya,”Untuk menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan, Misalnya gugatan dari salah satu calon kepala desa, yang dikarenakan adanya indikasi kecurangan dalam tahapan dan pelaksanaan pemilihan kepala desa,” Lanjut Didik.

Selain itu, Camat Pati Didik Rusdiartono, Juga mengingatkan kepada seluruh yang hadir dalam sosialisasi itu, Untuk menjaga kondusifitas situasi, Terutama antar pendukung calon kepala desa.

“Mari jaga situasi kondisi di wilayah ini agar tetap kondusif. Jangan sampai ada salah satu dari pendukung calon kepala desa melakukan tindakan tidak terpuji, Sehingga dapat menimbulkan kerancuan antar pendukung,” Ujar Didik.

Dalam sosialisasi tersebut, Camat Pati juga menyampaikan, Agar pembuatan Tata Tertib (Tatib) Pemilihan Kepala Desa, Di lakukan dengan mengundang seluruh komponen dan tokoh masyarakat, Terlebih dari bakal calon kepala desa yang akan mengikuti kompetisi tersebut. Hal itu dilakukan untuk menghindari sesuatu yang tidak di inginkan di kemudian hari.

“Misalnya, tentang tehnis maupun tentang tahapan yang harus dilalui dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa,” Tegasnya.

Sementara itu, Kapolsek Pati juga menyampaikan agar peran panitia lebih profesional. Jika tidak bisa bersikap netral, Maka lebih baik segera mengundurkan diri.

“Panitia tidak boleh melakukan kampanye praktis, Atau tindakan yang bersifat memihak pada salah satu calon. Oleh sebab itu, Mari saling menjaga kondusifitas situasi,” tandasnya.

Dalam acara sosialisasi tersebut juga turut di hadiri oleh Camat Pati Didik Rusdiartono, Kasi Pemerintahan Kecamatan Pati, Kapolsek Pati, Koramil Pati, Kepala Desa Sidokerto, Unsur Perangkat Desa Sidokerto, Unsur BPD, Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat, serta para tamu undangan lainnya.

 

(Red/Tg)

Author: suarahukum