Uyup-Uyup, Jamu Tradisional yang Dipercaya dapat Memperlancar ASI & Menyehatkan si Buah Hati

Pati, www.suarahukum-news.com-Sejak zaman dahulu, Indonesia telah dikenal kaya akan rempah-rempah yang tidak semuanya bisa ditemui di negara lain. Tak heran, kalau aneka masakan dari berbagai daerah di tanah air, memiliki bumbu rempah sekaligus punya ciri khas. Namun, selain digunakan sebagai bumbu dapur, rempah-rempah tersebut juga bisa dibuat menjadi minuman yang berkhasiat untuk menyehatkan badan. Hal itu dikenal dengan sebutan jamu tradisional.(17/08).

Salah satu jamu tradisional yang cukup populer adalah uyup-uyup. Nama tersebut (uyup-uyup) sudah tidak asing lagi bagi ibu-ibu paska melahirkan. Karena, uyup-uyup diyakini bisa membantu dalam memperlancar air susu ibu (ASI). Di samping itu, uyup-uyup juga dipercaya bisa menghilangkan bau tidak sedap pada ibu dan juga bayinya, serta dipercaya kaya manfaat bagi kesehatan bagi ibu dan si buah hati (bayi).

Adapun bahan yang perlu disiapkan adalah, daun tapakliman, daun dempulelet, daun greges otot, sirih cina, daun jambu biji, lempuyang, kunci dan temulawak.

“Untuk komposisi yang kami racik ini memang warisan dari turun temurun di keluarga kami, jadi paska melahirkan kami membuat sendiri jamu tradisional (uyup-uyup), hal itu dimaksudkan untuk dapat meningkatkan air susu ibu (ASI), menghilangkan bau tidak sedap dan juga dapat menyehatkan si kecil”, ujar Ani (35), Senin (16/08) di kediamannya, saat meracik sendiri komposisi uyup-uyup yang akan dibuatnya.

Selain itu, Ani juga menambahkan, Untuk bahan-bahan yang diperlukan tidak cukup sulit, karena di sekitar pekarangan rumah, juga bisa kita dapatkan.

“Tentunya uyup-uyup lebih alami, karena bahannya kita ambil sendiri dari alam, kemudian kita proses sendiri. Sehingga, Insyaallah menyehatkan dan aman dikonsumsi”, tandas Ibu dua anak siang itu, sembari meracik komposisi ramuan turun temurun (jamu tradisional) yang percaya dilingkungan keluarganya.

 

 

 

(Red/Tg)

Author: suarahukum