HINDARI PENYALAHGUNAAN RIBUAN KTP GANDA DAN INFALID DI MUSNAHKAN

Ribuan KTP ganda dan invalid  di musnahkan oleh petugas dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Pati yang di saksikan oleh petugas kepolisian dan instansi terkait untuk menghindari penyalahgunaan pada hari Jumat ( 21 / 12 )

 

Pati , www.suarahukum-news.com – Bertempat di halaman kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pada hari Jumat ( 21 / 12 ) Sebanyak 22.384 keping Kartu Tanda Penduduk (KTP) invalid dan ganda dimusnahkan . ( 22 / 12 )

Pemusnahan yang disaksikan oleh pihak kepolisian dan Satpol PP ini bertujuan untuk mencegah agar KTP yang invalid atau ganda tersebut tidak disalahgunakan.

Kepala Disdukcapil Pati Rubiyono mengatakan, ini merupakan tindak lanjut perintah dari Mendagri tertanggal 13 Desember 2018, dimana untuk KTP yang rusak atau invalid harus segera dimusnahkan.

“Kegiatan pemusnahan sendiri sudah pernah kita lakukan pada 14 Desember sebanyak 16.564 keping. Jadi total yang telah kami musnahkan sampai hari ini adalah 38.948 keping,” jelasnya.

Tujuan pemusnahan ini lanjut Rubiyono, agar tidak digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, semisal untuk kriminal dan sebagainya.

“Jadi hanya merupakan langkah antisipasi. Kalau disalahgunakan untuk Pemilu 2019 kemungkinannya kecil mengingat Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah sesuai dan kami rasa tidak ada masalah,” tegasnya.

KTP yang dimusnahkan ini adalah hasil dari penyisiran pihak Disdukcapil ke kantor di wilayah kecamatan yang ada di Pati. Ke depan, pihak Disdukcapil tetap akan menyisir ke kecamatan-kecamatan untuk menarik KTP yang sudah tidak bisa digunakan lagi, karena setiap hari pasti ada KTP yang rusak atau ada perubahan data.

“Kegiatan ini kami lakukan karena sudah mendapat perintah dari Mendagri dan sudah mendapat ijin dari Bupati Pati,” jelasnya.

( Red / Tin )

COMMENTS