Kepergok Di Rumah Wanita Lain ,Suami Pukul Istri , Babinsa Desa Pancur Sampaikan Pesan Khusus

 

Sertu Eko Yudi Babinsa Desa Pancur anggota Koramil 05 Mayong jajaran Kodim 0719 Jepara , melakukan mediasi bersama dengan jajaran pemerintah desa guna mencari solusi atas permasalahan dugaan KDRT dan dugaan Perselingkuhan . Rabu ( 19 / 02 )

Jepara , www.suarahukum-news.com – Menjadi yang terdepan dalam setiap penyelesaian permasalahan di desa binaan adalah salah satu tugas pokok dari Babinsa selain mengemban amanah untuk menciptakan kondusifitas keamanan di wilayah tugas teritorial . Hal itu seperti yang di lakukan oleh Sertu Eko Yudi Anggota Koramil 05 Mayong Jajaran Kodim 0719 Jepara pada hari Rabu ( 19 / 02 ) dalam memberikan rasa aman atas penyelesaian permasalahan yang terjadi di Desa Pancur Kecamatan Mayong yang merupakan warga desa binaanya . ( 19 / 02 )

Bersama dengan jajaran Pemerintah Desa Pancur Kecamatan Mayong , Sertu Eko Yudi selaku Babinsa desa setempat dan didampingi oleh Babinkamtibmas , tengah mengadakan musyawarah untuk penyelesaian masalah atas dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan dugaan Perselingkuhan yang dihadapi oleh salah satu warga desa binaanya tersebut.

Adapun dugaan KDRT yang terjadi di Dukuh Kajok RT 22 / 04 turut Desa Pancur, Kecamatan Mayong ini ,ialah tentang pemukulan yang dilakukan oleh saudara RZK (43) kepada istrinya yang berinisial NFS (41). Namun sebelum kejadian tersebut , keduanya telah terlibat cekcok adu mulut didalam rumah tangganya , hal itu lantaran NFS mendapati RZK telah berada di rumah wanita lain dan diduga telah berselingkuh dengan saudari NJN (30) istri dari NEF (36), yang merupakan tetangga oleh keduanya dalam satu kampungnya.

Kejadian bermula ,ketika pada hari Minggu kemarin , saudara RZK bertamu ke rumah NJN sekitar 11.00 Wib , namun pada saat itu suami dari saudari NJN sedang tidak berada di rumah. Mengetahui hal tersebut, NFS (istri dari RZK) menyuruh suaminya untuk pulang ke rumah . Karena suaminya tersebut tak mau pulang, akhirnya NFS mengambil sandal milik suaminya pada sekitar pukul 12.30 Wib , kemudian selang beberapa waktu RZK kemudian pulang sambil marah-marah kepada istrinya yang bersinisial NFS tersebut , dari kejadian itu, terjadilah cekcok adu mulut dan kemudiam terjadi tindakan dugaan KDRT yang dilakukan oleh RZK kepada istrinya yang berinisial NFS .

Semua pihak sepakat untuk berdamai dan saling berjabat tangan untuk saling memaafkan dan tidak akan mengulangi perbuatan yang sama .

Pada kesempatan tersebut , Ketua RT Nur Kayat yang saat itu melihat kejadian atas insiden pemukulan yang di lakukan oleh saudara RZK kepada istrinya yang berunisial NFS , melihat peristiwa tersebut kemudian Nur Kayat memanggil warga dan melaporkan kepada Babinsa Sertu Eko Yudi. Selang beberapa saat kemudian banyak tetangga yang datang untuk melerai percekcokan pasangan suami-istri tersebut , karena melihat banyak warga yang datang kemudian RZK kabur dari lokasi dan meninggalkan rumah.

Menanggapi hal itu, Babinsa pun segera mengambil tindakan dengan mengajak pihak Pemdes untuk melakukan mediasi. Sehingga, perselisihan dalam rumah tangga ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan dan dengan harapan keluarga ini dapat kembali rukun.

Dalam mediasi yang digelar di Pendopo Balai Desa Pencur pagi ini, RZK mengakui menjalin hubungan gelap dengan NJN selama setahun belakangan ini, dan sudah melakukan hubungan intim dengan NJN beberapa kali ;

” Iya pak , saya mengaku khilaf karena telah memiliki hubungan gelap dengan saudari NJN , dan itu sudah kami jalin lebih kurang dalam kurun waktu satu tahun terakhir ” , kata RZK dengan penuh penyesalan

Melalui mediasi yang disaksikan oleh Petinggi Desa Pancur Muh Arif Asharudin, Kamituwo Dukuh Kajok Khamdun, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua RT, perwakilan warga dan keluarga masing-masing pihak, permasalahan tersebut diselesaikan secara damai kekeluargaan. Kemudian RZK berjanji yang dituangkan pada surat pernyataan bermaterai untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya, baik perselingkuhan maupun tindakan kekerasan kepada istrinya .

Pada kesempatan yang sama , Sertu Eko Yudi juga menyampaikan pesan agar saling menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Masing-masing harus menjaga kepercayaan dari pasangannya. Jangan sampai melakukan perselingkuhan, yang ujung-ujungnya dapat mengakibatkan KDRT ;

” Permasalahan pasti akan selalu ada, namun kita harus menyikapinya dengan kepala dingin. Apapun masalahnya, kita harus berfikir jernih dan tidak boleh terbawa emosi. Dan satu hal yang terpenting, jaga kepercayaan pasangan kita. Bayangkan jika pasangan kita yang selingkuh, pasti hati perasaan kita akan hancur ” , pesan Sertu Eko kepada RZK dan NJN

Lebih lanjut  pada kesempatan tersebut , Sertu Eko juga menyampaikan bahwa , ” Jaga perasaan pasangan kita , hati mereka pasti hancur ketika melihat orang yang cintanya kedapatan berselingkuh , Saya harap ini sebagai pelajaran kita semua, semoga kedepan tidak ada lagi yang berbuat seperti ini ” , tandasnya

 

( Red / Afid , Tg )

COMMENTS